Sinapu
- Pimpinan Kerumahtanggaan dalam suatu produksi karya seni pertunjukan
merupakan salah staf yang bertugas mengemban pelayanan publik serta bertanggung
jawab kepada pimpinan produksi dalam layanan staf dan layanan publik.
Pelayanan
ditujukan kepada seluruh staf produksi yang bekerja menyelenggarakan produksi
seni pertunjukan. Layanan kepada publik diberikan dalam hubungan pemberian
servis kepada penonton mulai dari pembelian karcis, pelayanan gedung, hingga
kenyamanan yang absurd bagi penonton agar penonton merasa dihargai dan
dihormati secara tepat.
Tugas
pelayanan publik dilakukan mulai dari kenyamanan menjamu penonton,
pelayanan/seles servis pemesanan karcis, hingga suasana pementasan agar
berjalan lancar dan nyaman menjadi bagian tugas yang harus diciptakan.
Kondisi
pelayanan sejak awal pertunjukan, istirahat, hingga akhir pementasan menjadi
kordinasi bagian kerumahtanggaan di dalam gedung dan di luar gedung.
Artinya,
kompleks pertunjukan harus bersih keributan, suasana yang menjadi kekuatan
emosi penonton untuk menikmati pertunjukan secara antusia, empati, dan simpati
serta nyaman.
Pelayanan
kepada staf produksi dalam bentuk memberikan kesejahteraan berupa layanan
konsumsi sejak penyelenggaraan produksi mulai dari rapat pertama, pelatihan,
gladi kotor, gladi bersih, pementasan/pertunjukan hingga acara pembubaran
produksi.
Layanan
tersebut terkait dalam bentuk kesejahteraan dan pemenuhan konsumsi secara rutin
acara kegiatan berlangsung.
Hak dan kewajiban kepala kerumahtanggaan
adalah berkonsultasi kepada pimpinan produksi dan pimpinan artistik dalam hal
layanan staf.
Dalam
layanan publik kepala bagian ini minta dengar pendapat publik berkenaan dengan
bagaimana teknik danoperasional servis yang dapat memuaskan publik, serta
memberikan layanan cepat pesan melalui komunikasi bebas pulsa atau komunikasi
lain dalam bentuk antaran servis.