Iftar
di Masjid Sultan Ahmed di Istanbul, Turki
Bulan
Ramadan di Indonesia dan negara dengan penduduk mayoritas Islam pada umumnya
dapat dihubungkan dengan meningkatnya daya beli dan perilaku konsumtif
masyarakat akan barang dan jasa.
Di
Indonesia sendiri hal ini terkait erat dengan kebiasaan pemerintah dan
perusahaan swasta untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para
pegawainya.
Peningkatan
ini terjadi di hampir semua sektor dari transportasi, makanan, minuman hingga
kebutuhan rumah tangga. Sehingga tidak jarang tingkat inflasi pun mencapai
titik tertinggi pada periode bulan ini.
Fenomena
ini secara kasat mata terlihat dengan menjamurnya para pedagang musiman yang
menjajakan berbagai komoditas mulai dari makanan hingga pakaian, di ruang-ruang
publik terutama di pinggir jalanan.
Di
samping juga maraknya penyelenggaraan bazar baik yang disponsori oleh
pemerintah, swasta, organisasi tertentu maupun swadaya masyarakat.