Sebagai Saluran
Komunikasi (Channel)
· Menyalurkan
pesan/informasi dari sumber/ komunikator kepada sasaran yakni petani dan keluarganya
sehingga sasaran dapat menerapkan pesan dengan kebutuhannya.
· Menyalurkan
umpan balik dari sasaran/komunikan kepada sumber/komuniukator sebagai bahan
evaluasi untuk perbaikan/pengembangan dalam penerapan teknologi selanjutnya.
·
Menyebarluaskan
pesan informasi kemasyarakat dalam jangkauan yang luas, mengatasi keterbatasan
ruang, waktu dan daya indera.
·
Memungkinkan
pelaksanaan penyuluhan pertanian secara teratur dan sistematik.
Sebagai Media Belajar
Pada
tahap awal peranan penyuluh pertanian sangat dominan dalam kegiatan belajar
petani, lama kelamaan berubah petani menjadi lebih dinamis mulai banyak
belajar, melalui pengalaman. Melalui interaksi dengan lingkungannya dan
memanfaatkan media penyuluhan pertanian. Sekarang penyuluh pertanian berperan
sebagai mitra kerja petani, mendampingi dan membantu petani dalam memecahkan
masalah yang dihadapi dilapangan bersama dengan petani lainnya melalui kegiatan
kelompok tani. Peranan media penyuluhan pertanian sebagai media belajar dalam
kegiatan penyuluhan pertanian sebagai berikut :
Memberi
pengalaman belajar yang integral dari kongkrit ke abstrak. Petani belajar
dimulai dari situasi nyata dilapangan melalui pengalam langsung sebagai contoh,
kegiatan sekolah lapangan (SL) dalam rangka memasyarakatkan Pengendalian hama
terpadu (PHT) tanaman padi. Petani secara berkelompok belajar mengamati
hama/penyakit tanaman langsung dari runpun padi sawah. Cara belajar tersebut disebut cara belajar Lewat pengalaman (CBLP).
Hasil
pengamatan dicatat oleh petani, kemudian didiskusikan bersama secara priodik. Selanjutnya
petani belajar melalui berbagai media penyuluhan pertanian lainnya antara lain
: spesimen, poster, leaflet, folder, gambar, slide, film dan sebagainya.
Materi pelajaran tidak
terbatas pada hama/penyakit saja tetapi berkembang dengan materi yang terkait
seperti ekologi tanaman, musuh alami, pemupukan, fisiologi tanaman dan sebagainya
sampai panen. Dengan demikian memberi pengalaman yang luas dan terpadu.
Pengalaman-pengalaman yang diperoleh dan kongkrit kearah abstrak penyuluh pertanian
sebagai mitra petani berfungsi membantu/ membimbing proses belajar tersebut.