(
وَمَعْنَى الشَّرْعِيِّ ) الَّذِي هُوَ مُسَمَّى
مَا صَدَقَ الْحَقِيقَةُ الشَّرْعِيَّةُ ( مَا ) ، أَيْ : شَيْءٌ ( لَمْ يُسْتَفَدْ
اسْمُهُ إلَّا مِنَ الشَّرْعِ ) كَالْهَيْئَةِ الْمُسَمَّاةِ بِالصَّلَاةِ ( وَقَدْ
يُطْلَقُ ) ، أَيْ : الشَّرْعِيُّ ( عَلَى الْمَنْدُوبِ ، وَالْمُبَاحِ ) ، وَمِنْ
الْأَوَّلِ قَوْلُهُمْ مِنْ النَّوَافِلِ مَا تُشْرَعُ فِيهِ الْجَمَاعَةُ ، أَيْ
: تُنْدَبُ كَالْعِيدَيْنِ . وَمِنْ الثَّانِي قَوْلُ الْقَاضِي الْحُسَيْنِ لَوْ صَلَّى
التَّرَاوِيحَ أَرْبَعًا بِتَسْلِيمِة لَمْ تَصِحَّ ؛ لِأَنَّهُ خِلَافُ الْمَشْرُوعِ
.) شرح جمع الجوامع : ج 1 ص : 304 (مطبعة مصطفى البابي الحلبي 1973)
Artinya:
Makna Syar’i itu dinamakan sesuatu yang berbetulan dengan hakikat syara’ adalah
sesuatu yang tidak dipahami namanya melainkan dari syara’ seperti bentuk
shalat.
Digunakan
juga makna syar’i itu atas perbuatan yang mandub dan mubah, dari definisi
pertama para ulama berpendapat shalat sunah yang disyari’atkan berjamaah
artinya disunahkan berjamaah seperti shalat dua hari raya idul fitri dan idul
Adha. Dari definisi kedua ini perkataan al-Qadhi Husein yang mengatakan
“Seandainya ia mengerjakan shalat Tarawih dengan 4 rakaat dengan satu salam,
maka shalat Tarawihnya tidak sah”.
ü
Imam Jalaluddin Abdurrahman al-Suyuthiy:
(وَيَقُوْمُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ
مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً) بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ
بَيْنَ صَلاَةِ اْلعِشَاءِ وَ طُلُوْعِ اْلفَجْرِ , فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعًا بِتَسْلِيْمَةٍ
لَمْ يَصِحَّ , كَمَا نَقَلَهُ فِي الرَّوْضَةِ عَنِ الْقَاضِي حُسَيْنٍ وَأَقَرَّهُ
ِلأَنَّهُ خِلاَفُ اْلمَشْـرُوْعِ .) شرح التنبيه في فروع الفقه الشافعي : ج 1 ص :
134 (دار الفكر 1996)
Artinya:
“Seseorang mengerjakan shalat Tarawih pada tiap malam bulan Ramadhan dengan 10
kali salam pada tiap malam antara shalat Isya sampai terbit fajar. Jika
seseorang shalat Tarawih 4 rakaat dengan satu salam maka hukumnya tidak sah.
Sebagaimana Imam Nawawi menukilkannya dalam kitab Rawdhah dari al-Qadhi Husain
dan beliau menetapkan hal itu karena menyalahi aturan yang disyariatkan”.
ü
Imam Zaynuddin al-Malibariy:
(وَ) صَلاَةُ (التَّرَاوِيْحِ)
، وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ، فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ،
لِخَبَرِ: مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاْحتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ
مِنْ ذَنْبِهِ. وَيَجِبُ التَّسْلِيْمُ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ، فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعًا
مِنْهَا بِتَسْلِيْمَةٍ لَمْ تَصِحَّ ، بِخِلاَفِ سُنَّةِ الظُّهْرِ وَاْلعَصْرِ وَالضُّحَى
وَاْلوِتْرِ. وَيَنْوِي بِهَا التَّرَاوِيْحَ أَوْ قِيَامَ رَمضَانَ) . فتح المعين
شرح قرة العين بمهمات الدين : ص : 33( منارا قدس د ت)
Artinya:
Shalat Tarawih 20 rakaat dengan 10 kali salam pada setiap malam di bulan
Ramadhan. Karena ada hadis: Siapa saja melaksanakan Qiyam Ramadhan karena iman
dan mengharap pahala, maka dosanya yang terdahulu di ampuni.
Wajib
setiap 2 rakaat mengucapkan salam. Jika seseorang shalat Tarawih 4 rakaat
dengan satu salam maka hukum shalat Tarawihnya tidak sah. Berbeda dengan shalat
sunah Zuhur, Ashar, Dhuha dan witir. Seharusnya bagi yang mengerjakan shalat
Tarawih, ia berniat dengan niat Tarawih atau Qiyam Ramadhan.
ü
Imam Taqiyuddin al-Hashaniy
وَسُمِّيَتْ باِلتَّرَاوِيْحِ
ِلأَنَّهُمْ كَانُوا يَسْتَرِيْحُوْنَ بَعْدَ كُلِّ تَسْليْمَتَيْنِ وَيَنْوِي فِي
كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّرَاوِيْحَ أوْ قِيَامَ رَمَضَانَ وَلَوْ صَلاَّهَا أَرْبَعًا
بِتَسْلِيْمَةٍ لَمْ يَصِحَّ . (كفاية الأخيار شرح غاية الأختصار : ج 1 ص : 91 (دار
الفكر 2004)
Artinya;
Dinamakan Tarawih karena para sahabat melakukan istirahat pada setiap 2 kali
salam (4 rakaat). Seseorang yang melaksanakannya berniat pada tiap 2 rakaat
dengan niat Tarawih atau Qiyam Ramadhan. Bila ia shalat Tarawih dengan 4 rakaat
satu salam maka shalatnya tidak sah.
ü
Imam Muhammad Ibn Qasim
اَلتَّرَاوِيحُ وَهِيَ عِشْرُوْنَ
رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ فيِ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ وَجُمْلَتُهَا
خَمْسُ تَرْوِيْحَاتٍ, وَيَنْوِيْ الشَّخْصُ بِكُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّرَاوِيْحَ أَوْ
قِيَامَ رَمَضَانَ, فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ لَمْ
تَصِحَّ . )فتح القريب المجيب شرح متن غاية والتقريب ص : 13 ( منارا قدس د ت)
Artinya:
Shalat Tarawih dikerjakan 20 rakaat, terdiri dari 10 salam pada tiap malam
bulan Ramadhan. Jumlahnya 5 tarwihah (istirahat). Seseorang yang mengerjakannya
ia berniat tiap 2 rakaat akan shalat Tarawih atau Qiyam Ramadhan. Jika ia
shalat Tarawih dengan 4 rakaat satu salam maka shalat Tarawihnya tidak sah .
ü
Imam Murtadha Muhammad al-Zabidiy:
اَلتَّرَاوِيْحُ وَهِيَ عِشْرُوْنَ
رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ وَكَيْفِيَّتُهَا مَشْهُوْرَةٌ قَالَ النَّوَوِيُّ
فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعًا بِتَسْلِيمِة لَمْ يَصِحَّ. (اتحاف السادة المتقين شرح احياء
علوم الدين : ج 3 ص : 415 (دار الفكر د ت)
Artinya:
Shalat Tarawih itu 20 rakaat dengan 10 kali salam. Tata caranya telah diketahui
banyak orang. Imam Nawawi berkata “Seandainya seseorang shalat Tarawih 4 rakaat
dengan sekali salam, maka shalat Tarawihnya tidak sah.”
ü
Imam Muhammad Amin Kurdiy:
اَلتَّرَاوِيْحُ وَهِيَ عِشْرُوْنَ
رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ, فَلَوْ صَلَّى
أَرْبَعًا بِتَسْلِيْمَةٍ لَمْ يَصِحَّ , وَيُسَنُّ كَوْنُهَا جَمَاعَةً .) تنويرالقلوب
في معاملة علام الغيوب : ص : 199 (دار الفكر 1994)
Artinya;
Shalat Tarawih itu dikerjakan 20 rakaat dengan 10 salam. Bila seseorang shalat
setiap 4 rakaat dengan satu salam maka shalatnya tidak sah. Disunahkan
pelaksanaannya berjamaah.”
ü
Sayyid Muhammad Ibn Abdullah al-Jurdaniy
وَلاَ بُدَّ أَنْ تُفْعَلَ
رَكْعَتَيْنِ لِأَنَّهَا وَرَدَتْ كَذَلِكَ , وَلَوْ أَحْرَمَ بِزِيَادَةٍ عَنِ الرَّكْعَتَيْنِ
اَوْ بِنَقْصٍ عَنْهُمَا لَمْ يَنْعَقِدْ اِحْرَامُهُ . )فتح العلام بشرح مرشد الأنام
ج 2 ص : 27 (دار السلام 1988)
Artinya:
Seharusnya shalat Tarawih itu dikerjakan dengan cara 2 rakaat (satu salam)
karena telah datang keterangannya. Seandainya seseorang melakukan takbiratul
ihram lebih dari 2 rakaat atau kurang dari 2 rakaat dalam mengerjakan shalat
Tarawih maka shalat Tarawihnya tidak jadi (tidak sah).
ü
Syaikh Ibrahim Ibn Muhammad al-Bayjuriy:
وَيُؤَيِّدُهُ مَا هُوَ ظَاهِرُ
سِيَاقِ الْحَدِيْثِ مِنَ أَنَّ اْلأَرْبَعَ رَكَعَاتٍ كَانَتْ بِسَلاَمٍ وَاحِدٍ,
وَعَلَى كَوْنِهَا كَانَتْ صَلاَةُ التَّرَاوِيْحِ يَتَعَيَّنُ أَنَّهَا كَانَتْ بِسَلاَمَيْنِ,
ِلأَنَّ التَّرَاوِيْحَ يَجِبُ فِيْهَا السَّلاَمُ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ , وَلاَ
يَصِحُّ فِيْهَا أَرْبَعُ رَكَعَاتٍ بِسَلاَمٍ وَاحِدٍ . )المواهب اللدنية على الشمائل
المحمدية ص : 144 (الحرمين د ت)
Artinya;Ungkapan
zohir hadis menguatkan hal itu, sesungguhnya 4 rakaat dikerjakan dengan sekali
salam. Apabila shalat tersebut adalah shalat Tarawih menjadi keharusan 4 rakaat
dikerjakan dengan 2 salam, karena pelaksanaan shalat Tarawih hukumnya wajib
salam pada tiap 2 rakaat. Tidak sah shalat Tarawih dikerjakan 4 rakaat, sekali
salam.
ü
Syaikh Muhammad Nawawiy al-Bantaniy:
وَلاَ تَصِحُّ بِنِيَّةٍ
مُطْلَقَةٍ بَلْ يَنْوِي رَكْعَتَيْنِ مِنَ التَّرَاوِيْحِ اَوْ مِنْ قِـيَامِ رَمَـضَانَ
اَوْ سُنَّةِ التَّرَاوِيْحِ. وَلاَ يَصِحُّ اَنْ يُصَلِّيَ أَرْبَعًا مِنْهَا بِسَـلاَمٍ
بَلْ لاَ بُـدَّ اَنْ يَكُوْنَ كُلُّ رَكْعَتَيْنِ مِنْهَا بِسَـلاَمٍ لِأَنَّهَا وَرَدَتْ
كَذَلِكَ . )نهاية الزين شرح قرة العين بمهمات الدين : ص : 114 (الحرمين 2005)
Artinya:
“Shalat Tarawih tidak sah bila dilakukan dengan niat shalat mutlak, tetapi
seseorang yang mengerjakannya berniat shalat Tarawih, shalat Qiyam Ramadhan
atau shalat sunah Tarawih. Tidak sah bila ia melakukan shalat Tarawih dengan 4
rakaat satu salam, bahkan semestinya yang ia lakukan adalah mengucapkan salam
pada tiap 2 rakaat karena begitulah keterangan yang datang.”
ü
Syaikh Muhammad Mahfuz al-Termasiy
قَوْلُهُ: (فَلَوْ صَلَّى
أَرْبَعًا) اَيْ مَثَلًا فَالْمُرَادُ بِهِ أَكْثَرُ مِنْ رَكْعَتَيْنِ قَوْلُهُ:
(بِتَسْلِيْمَةٍ) اَيْ وَاحِدَةٍ قَوْلُهُ: (لَمْ يَصِحَّ) أَيْ لَمْ تَنْعَقِدْ مَوْهَبَة
ذي الفضل على شرح ابن حجر الهيتمي للمقدمة بافضل ج 2 ص : 469 (المطبعة العامرة الشرفية
بمصر المحمية 1326 )
Artinya:
"Perkataan Ibn Hajar: Bila seseorang mengerjakan 4 rakaat seumpamanya,
maka yang dimaksud adalah lebih dari 2 rakaat, dengan satu salam, maka hukum
shalatnya tidak sah yakni batal
ü
Syaikh Ihsan Muhammad Dahlan al-Kediriy
وَاعْلَمْ اَنَّ صَلاَةَ
التَّرَاوِيْحَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ ِمنْ
رَمَضَانَ .وَكَيْفِيَّتُهَا مَشْهُوْرَةٌ قَالَ النَّوَوِيُّ فَلَوْ صَلَّى أَرْبَعَ
رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمَةٍ لَمْ يَصِحَّ ذَكَرَهُ اْلقَاضِى حُسَيْنٌ فِي فَتَاوِيْ
ِلاَنَّهُ خِلاَفُ الْمَشْرُوْعِ . (مناهيج الامداد شرح ارشاد العباد الى سبيل الرشاد
ج 1 ص : 240 (مطبعة المعهد الاحسان الجمفسي 2006)
Artinya:
Ketahuilah sesungguhnya shalat Tarawih 20 rakaat dengan 10 salam pada tiap
malam bulan Ramadhan. Tata caranya telah diketahui banyak orang. Imam Nawawi
berkata “Seandainya ia shalat dengan 4 rakaat dengan satu salam, maka shalatnya
tidak sah”. Hal ini telah dikatakan oleh al-Qâdhi Husain dalam fatwanya, dengan
alasan hal demikian menyalahi aturan yang telah disyariatkan.
ü
Habib Ahmad Ibn Umar al-Syathiriy
صَلاَةُ التَّرَاوِيْحِ وَهِيَ
عِشْرُوْنَ رَكْعَةً كُلَّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ, وَيَجِبُ اَنْ تَكُوْنَ مَثْنَى
وَوَقْتُهَا مِنْ أَدَاءِ صَلاَةِ الْعِشَاءِ اِلَى طُلُوْعِ الْفَجْرِ, فَيُسَلِّمُ
حَتْمًا مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَلَوْ أَحْرَمَ بِأَكْثَرَ عَامِدًا عَالِمًا لَمْ
تَنْعَقِدْ وَاِلَّا اِنْعَقَدَتْ نَفْلاً مُطْلَقًا . (الياقوت النفيس في مذهب ابن
ادريس : ص : 43 (دار المعرفة 2005)
Artinya:
Shalat Tarawih dilaksanakan 20 rakaat pada setiap malam bulan Ramadhan. Dalam
pelaksanaannya wajib 2 rakaat-2 rakaat. Waktunya dari selesai mengerjakan
shalat Isya sampai terbit fajar. Seseorang dipastikan memberi salam pada tiap 2
rakaatnya. Jika ia shalat lebih dari 2 rakaat sengaja- ngaja dan tahu (itu
tidak sah) maka shalat Tarawihnya rusak. Tetapi bila ia tidak sengaja atau
lantaran ketidaktahuannya maka Tarawih yang dikerjakan dengan 4 rakaat sekali
salam itu menjadi shalat sunah mutlaq.
ü
Syaikh Abdul Hamid Ibn Muhammad Ali Qudus
فَيَجِبُ التَّسْلِيْمُ مِنْ
كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَلَوْْ صَلَّى أَرْبَعًا مِنْهَا أَوْ أَكْثَرَ بِتَسْلِيْمَةٍ
لَمْ تَصِحَّ أَصْلاً اِنْ كَانَ عَامِدًا عَالِمًا وَاِلاَّ صَحَّتْ نَفْلاً مُطْلَقًا
. (الأنوار السنية شرح الدرر البهية : ص : 112 (الحرمين د ت)
Artinya;
Wajib salam pada setiap 2 rakaat. Bila seseorang shalat 4 rakaat atau lebih
dengan sekali salam maka shalat Tarawihnya tidak sah sama sekali, jika ia
sengaja-ngaja atau mengetahui itu. Jika tidak, maka shalatnya sah menjadi
shalat mutlaq.
ü
Syaikh Ali Ma’shum al-Jokjawiy Kerapyak
وَاعْلَمْ أَنَّ صَلاَةَ
التَّرَاوِيْحِ مَثْنَى مَثْنَى فِي مَذَاهِبِ أَهْلِ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ, وَالشَّافِعِيَّةُ
قَالُوْا : يَجِبُ اَنْ يُسَلِّمَ مِنْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَاِذَا صَلاَّهَا بِسَلاَمٍ
وَاحِدٍ لَمْ تَصِحَّ . (حجة اهل السنة والجماعة ص : 34 )
Artinya;Ketahuilah
sesungguhnya shalat Tarawih itu dikerjakan dengan 2 rakaat-2 rakaat menurut
pandangan Ahlu Sunah Wal jama’ah. Ulama mazhab Syafii berkata;” Wajib,
seseorang salam pada tiap 2 rakaat. Jika ia mengerjakan shalat Tarawih 4 rakaat
dengan 1 salam, maka hukum shalatnya tidak sah.
ü
Syaikh Muhammad Muhajirin Amsar Bekasi:
قوله : (يُصَلِّي أَرْبَعًا
فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُوْلِهِنَّ ) صَلاَتُهُ صَلَّىاللهُ عَليْهِ وسلم
أَرْبَعًا يَحْتَمِلُ أَنَّهَا سَلاَمَانِ وَتَشَهُّدَانِ بِدَلاَلَةِ فِعْلِهِ صَلَّىاللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَوْلِهِ : صَلاَةُ الَّليْلِ مَثْنَى مَثْنَى, وَحَقَّقَ عُلَمَاءُ
الشَّافِعِيَّةِ أَنَّ مَنْ صَلَّى أَرْبَعًا بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ بِنِيَّةِ التَّرَاوِيْحَ
لَمْ يَصِحَّ لِمُخَالَفَتِهِ بِمَا عَلَيْهِ حَدِيْثُ رَسُوْلِ اللهِ صلىالله عليه
وسلم: صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى وَعَمِلَهُ أَصْحَابُ اْلكِرَاِم رضيَ اللهُ
تعالى عنَهُمْ .) مِصْباح الظَّلاَم شرح بلوغ المرام من ادلة الأحكام : ج 2 ص :
142)
Artinya:
Perkataan (Nabi shalat 4 rakaat, maka jangan kau tanya bagaimana bagus dan
panjangnya) shalat Nabi 4 rakaat mengandung kemungkinan 4 rakaat, itu dengan
cara 2 salam dan 2 tasyahhud. Dengan adanya perbuatan dan perkataan Nabi “
Shalat malam itu 2 rakaat 2 rakaat. Ulama Mazhab Syafi’i telah mentahqiq
sesengguhnya siapa saja yang shalat 4 rakaat sekali salam dengan niat Tarawih
maka tidak sah. Karena menyalahi hadis Rasulullah “ Shalat malam itu dua dua”
dan juga menyalahi amalan para sahabat mulia yang Allah telah berikan
keridhaanNya kepada mereka.”
ü
Syaikh Muallim Muhammad Syafii Hadzami
Tidak
dikenal ikhtilaf (perbedaan) antara Imam-Imam mujtahidin yang empat hal
bilangan atau jumlah rakaat Qiyam Ramadhan (Shalat Tarawih) melainkan sebagai
berikut :
1)
20
rakaat menurut mazhab Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafii dan Imam Ahmad
Ibn Hambal.
2)
36
rakaat merupakan salah satu riwayat Imam Malik bagi penduduk Madinah.
Syaikh
Abdul Wahhab al-Sya’râniy pun menyebutkan hal ini dalam kitab al-Mîzân al-Kubrâ
sebagai berikut:
وَمِنْ
ذَلِكَ قَوْلُ أَبِي حَنِيْفَةَ وَالشَّافِعِيِّ وَأَحْمَدَ اَنَّ صَلاَةَ التَّرَاوِيْحَ
فِي شَهْرِ رَمَضَانَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً وَاِنَّهَا فِي الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مَعَ
قَوْلِ مَالِكٍ فِي اِحْدَى الرِّوَايَاتِ عَنْهُ اِنَها سِتَّةٌ وَثَلاَثُوْنَ رَكْعَةً
(الميزان الكبرى ج 1 ص : 185 دار الفكر د ت)
Artinya:
Sebagian dari yang demikian adalah Qaul Imam Abi Hanifah, Imam Syafii dan Imam
Ahmad bahwa Shalat Tarawih di dalam Bulan Ramadhan adalah 20 rakaat dan
sesungguhnya berjamaah itu lebih utama disertai Qaul Imam Malik dalam satu
riwayat darinya adalah 36 rakaat.
Kaifiyyah
20 rakaat yaitu dikerjakan dengan sepuluh salam dan memberi salam pada tiap dua
rakaat. Kata Imam Nawawi dalam kitab Rawdhah” jika seseorang bersembahyang
Tarawih 4 rakaat dengan satu salam niscaya tidak sah, karena menyalahi yang
disyariatkan.
[1]ü
Syaikh Usman Ibn Muhammad Askar
Jumlah
Rakaat shalat Tarawih
Bapak
: ”Berapakah rakaat sempurna shalat Tarawih itu”?
Anak
: ”20 rakaat. Namun bagi penduduk Madinah, mereka boleh mengerjakannya lebih
dari 20 rakaat hingga 36 rakaat. Cara mengerjakannya tip-tiap 2 rakaat diakhiri
dengan salam. Setelah selesai shalat Tarawih hendaknya ditutup dengan shalat
witir”.
Bapak
: ”Bagaimana hukumnya jika shalat Tarawih dilaksanakan kurang dari 20 rakaat”?
Anak
: ”Tetap mendapat pahala. Namun tidak seperti pahala shalat Tarawih 20 rakaat”.
Bapak
: ”Bolehkah shalat Tarawih dikerjakan 4 rakaat-4 rakaat dengan satu tasyahhud
(salam)”?
Anak
: ”Hukumnya tidak sah, sesuai dengan yang dijelaskan para ulama dalam kitab
fiqh”.[2]
ü
Prof. Dr Syifa Hasan Hito
صَلاَةُ التَّرَاِويْحِ وَتُسَمَّى
قِيَامَ رَمَضَانَ وَهِيَ عِشْرُوْنَ رَكْعَـةً بِعَشْرِ تَسْلِيْمَاتٍ بِاْلأِجْمَاعِ
, وَلاَ يَصِحُّ الْوَصْلُ بَيْنَ أَرْبَعٍ مِنْهَا . )امتاع الأسماع شرح أبي شجاع
: ج 1 ص : 85 (دار الضياء 2005)
Artinya;
Shalat Tarawih juga dinamakan Qiyam Ramadhan. Shalat Tarawih itu 20 rakaat
dengan 10 kali salam dengan adanya ijma’. Tidak sah bila menggabung 4 rakaat
dengan satu salam.
ü
K.H Abdurrahman Nawi Tebet
Shalat Tarawih hukumnya
Sunah muakkadah. Bilangan rakaatnya yaitu:
1)
Bagi kita 20 rakaat (ijma’ para sahabat).
2)
Bagi Ahli Madinah 36 rakaat.
Waktunya
Ba’da Shalat Isya hingga fajar shodiq.
Perhatian!!!
1)
Dilakukan dengan 10 salam.
2)
Tidak sah dilakukan 4 rakaat satu salam.
3)
Sunah dijamaahkan.[1]
Demikianlah
sebagian Nash (redaksi) kitab-kitab para ulama yang menjelaskan shalat Tarawih
yang dikerjakan 4 rakaat sekali salam, hukumnya tidak sah. Masih banyak
kitab-kitab para ulama yang belum sempat penulis membaca dan menelitinya.
Kitab-kitab
tersebut sangat perlu dibaca dan ditekuni dengan benar dan hasil Talaqqiy
(berhadapan langsung) dengan para ulama dan bukan Istbdâd (keras kepala).